Jumat, 11 Desember 2009

KETERAMPILAN MENULIS

A.Pengertian Menulis
Menulis adalah suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif, yaitu menurunkan atau melukiskan lambing-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambing-lambang grafik tersebut jika mereka memahami bahasa dan gambaran grafik tersebut.Dalam kegiatan tersebut ,seorang penulis harus terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosakata.
B.Fungsi dan Tujuan Menulis
Pada prinsipnya, fungsi utama dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung.Situasi yang harus diperhatikan dan dimanfaatkan seorang penulis yaitu:
a)Maksud dan tujuan sang penulis
b)Pembaca atau pemirsa
c)Waktu dan kesempatan.
Hugo Hartig ( via Tarigan, 1982:26 ) merangkum tujuan penulisan sebagai berikut.
a.Assigment purpose ( tujuan penugasan )
b.Altruistik purpose ( tujuan altuistik )
c.Persuasive purpose ( tujuan persiasif )
d.Informational purpose ( tujuan informasional,tujuan penerangan )
e.Selfexpressive purpose ( tujuan pernyataan diri )
f.Creative purpose ( tujuan kreatif )
g.Problem-slving purpose.

C.Ragam Tulisan
1.Narasi
Narasi adalah jenis karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman berdasarkan urutan waktu.Narasi dibagi menjadi 2:
a.Narasi ekspositoris
b.Narasi artistik atau literer
2.Deskripsi
3.Eksposisi
4.Argumentasi

Hal-hai yang perlu diperhatikan dalam kegiatan tulis- menulis.
1.Paragraf
Paragraph atau alinea adalah seperangkat kalimat yang membahas satu topik atau hanya mengacu pada satu gagasan pokok dan suatu paragraf tidak boleh mengandung dua topik.
Pembedaan suatu jenis paragraf :
a.Berdasarkan letak kalimat utamanya:
1) Paragraf deduktif
2) Paragraf induktif
3) Paragraf variatif atau campuran
4) Paragraf naratif atau deskriptif
5) Paragraf ineratif

b.Berdasarkan fungsinya:
1) Paragraf pembuka
2) Paragraf penghubung
3) Paragraf penutup
2.Kerangka Karangan
Peran kerangka:
a.Pedoman pokok dalam mengembangkan sebuah karangan
b.Pedoman urgensi setiap masalah yang terdapat di sebuah karangan
c.Pedoman sistematik bagi daftar isi setelah karangan selesai di susun dan sebagai pedoman kerja bagi pengarang.
3. Lankah-langkah Menyusun Kerangka:
a.Catat semua slide
b.Seleksi ide-ide secara tepat
c.Urutkan ide-ide secara tepat
d.Kelompokan ide-ide yang berdekatan pada suatu heading
e.Langkah seleksi sudah dikerjakan.
4. Pengembangan Kerangka Karangan
a. Pendahuluan bersifat menjelaskan dan mendorong
b.Batang tubuh sebagai isi karangan
c. Bagian penutup
D.Teknik Penulisan
Kemampuan menulis bisa dikembangkan dengan cara:
1.Sering menulis berdasarkan kegunaan spesifik
2.Memahami fakta bahwa “ menulis” adalah “menengok kembali” atau memperdalam keahlian Anda
3.Memperoleh pengalaman editing yang akan bermanfaat bagi pengembangan kemampuan riset dan observasi
4.Memublikasikan tulisan
E. Tujuan pembelajaran menulis
Keraf mengemukakan tujuan pengajaran keterampilan menulis sebagai berikut
1.Peserta didik mampu memilih dan menatar gagasan dengan penalaran yang logis dan sistematis
2.Peserta didik mampu menuangkanya ke dalam bentuk-bentuk tuturan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah- kaidah bahasa Indonesia
3.Peserta didik mampu menuliskanya sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Yang Disempurnakan
4.Peserta didik mampu memilih ragam bahasa Indonesia sesuai konteks komunikasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar