Kamis, 17 Desember 2009

ARGUMENTASI
Sungai Silayung merupakan sungai yang tidak begitu besar, tetapi sungai itu digunakan oleh penduduk sekitar sebagai tempat untuk mencuci, diambil airnya untuk air minum dan masak-memasak, serta digunakan sebagai tempat pemandian umum. Sungai tersebut tepatnya terletak di desa Andonglawak. Desa Andonglawak merupakan suatu desa yang terletak di Kabupaten Wonosobo.
Setiap harinya sungai tersebut digunakan oleh penduduk sekitar. Di tempat aliran sungai tersebut yang berada di bagian bawah juga digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Sungai tersebut tidak pernah kering walaupun keadaan musim kemarau sekalipun. Sungai tersebut airnya dibendung seperti kolam, kemudian dialirkan dan di bagian tengah dari aliran sungai tersebut dibuat rumah kecil membentuk kamar mandi dengan bak mandi yang panjangnya kira-kira 2 meter. kemudian bagian luarnya sebagai tempat untuk mencuci pakaian dan perabot rumah tangga. Sungai tersebut letaknya di sebelah kiri jalan.
Karena begitu seringnya para warga sekitar membuang sampah di aliran sungai bagian bawah tersebut, akibatnya pada saat musim penghujan air buangan tersebut tersumbat oleh sumpah yang begitu banyak. Saluran air buangan pertama tersumbat dan pada tempat yang digunakan untuk mencuci pakaian dan perabot rumah tangga airnya tidak dapat mengalir dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar